Supaya karyawan merasa betah tetap bekerja diperusahaan ini seorang pimpinan/manager harus menjalin komunikasi yang baik dengan bawahannya/karyawan. Tindakan atau strategi nya adalah :
· Harus ada jadwal meeting sekali seminggu atau sebulan sekali dengan bawahan. Disini kita bisa membicarakan langkah-langkah yang akan di tempuh untuk mencapai hasil kerja yang lebih baik lagi dan sharring tentang pegalaman kerja masing-masing atau sharring tentang kendala yang dihadapi selama bekerja di perusahaan ini. Disini karyawan diajak untuk lebih terbuka tentang kendala-kendala yang dihadapai selama bekerja dan karyawan juga bisa menyampaikan keinginan-keinginan atau ide-ide cemerlang mereka untuk kemajuan perusahaan.
· Adakan liburan tahunan seperti jalan-jalan k tempat-tempat wisata,menginap dua hari dua malam di puncak atau daerah-daerah lain. Dan disana bisa juga dibuat sebuah permainan (game) siapa pemenangnya mendapat hadiah. Atau mengadakan acara hiburan (mini panggung) dengan mengundang artis-artis sebagai penghibur. Ini tujuannya supaya karyawan tidak merasa jenuh dan bosan dalam pekerjaannya.
· Setiap hari ulang tahun perusahaan diadakan pemilihan karyawan teladan, siapa yang terpilih dia berhak mendapat piala award dan piagam dari perusahaan beserta hadiah lain seperti uang tunai, bisa berupa barang seperti laptop, handphone, Tiket gratis jalan-jalan ke Bali atau Singapura dan lain-lain. Ini juga memotivasi karyawan yang lain untuk meningkatakan kinerja dan loyalitas mereka dalam perusahaan. Dan mereka akan lebih bersemangat lagi dalam pekerjaan masing-masing.
· Mempromosikan karyawan yang terbaik untuk bisa meningkatakan kariernya menurut skill dan SDM mereka masing-masing. Ini juga bisa memotivasi karyawan yang lain agar mereka mampu untuk bersaing secara sehat dengan karyawan yang lain dalam meningkatkan skill dan SDM.
· Mengadakan kenaikan gaji bagi karyawan yang sudah lama mengabdi diperusahaan tersebut. Memberikan bonus akhir tahun, THR pada setiap hari Lebaran dan setiap hari Natal.
· Yang lebih penting jangan sekali-kali bertindak yang menyatakan bahwa anda adalah atasan yang harus diikuti kemaunnya dan harus dihormati oleh semua karyawan. Berusaha agar karyawan bisa merasa lebih nyaman dan enjoy bekerja di perusahaan anda kalau mereka semua sudah nyaman hasilnya perusahaan beruntung dan karyawan juga beruntung. Dengan sendirinya mereka akan menghormati anda sebagai atasanya dan mereka merasa bangga kepada anda.Yang perlu ditekankan disini anggap karyawan sebagai pathner business. Dengan begini maka terjalinlah sebuah komunikasi yang baik antara pimpinan perusahaan dengan karyawan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar